BUKAN NASIB TAPI PROSES YANG BERBEDA

Setiap manusia hidup pasti punya jalannya masing-masing. Berbagai perbedaan akan mengemuka jika diraba. Ada yang tertatih menjalani hidup karena memang tak punya properti yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang harus mengurusi banyak masalah karena berbagai sebab. Ada yang belum bisa mencapai cita karena banyak batu sandungan menghampiri. Ada yang tenang-tenang saja kelihatanya tanpa beban dan masalah yang berarti dan bisa menikamati segala kemudahan yang ada.
Lalu dengan satu kesimpulan kita berkata itulah nasib! Kata yang tersinkronisasi dengan kelemahan, putus asa dan menghalangi mata untuk melihat apa yang tersembunyi di baliknya atau yang sering kita sebut sebagai hikmah. Memang benar kata nasib sering digunakan sebagai kata ganti takdir (ketentuan) tapi kata nasib sebenarnya mengandung penerimaan yang negatif. “Ya, sudah nasib mau gimana lagi” atau “ya, nasib-nasiban lah sifatnya” begitulah kata-kata orang yang bersandar pada nasib sebagai dalil untuk berhenti berusaha.
Sekarang saatnyalah merubah nasib! Rubahlah cara pandang dan pola pikir kita. Tidak ada nasib-nasiban dalam hidup. Sebenarnya yang terjadi hanya proses berbeda yang harus kita jalani, kehendak yang Allah inginkan pada kita untuk melaluinya, adalah rute berbeda dari orang lain yang harus ditempuh masing-masing kita dalam hidup. Jikalau tidak mana mungkin untuk tujuan yang sama masing-masing orang mengalami hal yang berbeda-beda.
Proses berbeda itulah yang harus kita pahami. Karena banyak orang yang kemudian tiba-tiba mengangap diri kurang beruntung, bernasib jelek, tragis lagi menyedihkan bahkan sampai menghujat Allah dengan pertanyaan “mengapa nasib saya begini?”. Padahal jika semuanya dilihat sebagai proses berbeda yang harus dijalani maka yang timbul adalah kelapangan hati, kejernihan pikiran, dan kepercayaan yang menjadi sumber energi untuk terus berusaha. Akhirnya semua tergantung bagimana kita mempersepsi suatu keadaan dalam pikiran kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s