Kartu Kehidupan

Sulitnya untuk mengurusi bermacam kartu di negeri ini. Mulai dari kartu keluarga, kartu penduduk, sampai akte lahir. Padahal kita adalah anak negeri yang lahir dan di besarkan dari rahim negeri ini. Apa karena kita tak punya tempat tinggal yang jelas. Padahal alasannya tak lebih memang karena kita tak punya tempat berteduh permanen dan tak punya penghasilan yang mengizinkan untuk kita menyewa sebuah gubuk untuk ditempati tetap.
orang tua buta syarat-syarat sebagai warga negara, tak ada pengetahuan baginya untuk mengurus tetik bengik akte kelahiran anak-anak. Bahkan barangkali kita saja dilahirkan didukun beranak kampung, bukan di rumah bersalin. Jadilah bertahun-tahun lamanya nama kita tak tercantum dalam daftar warga Indonesia di Biro Pusat Statistik.
Salah siapa sebenarnya. Apakah masyarakat yang tak begitu tahu prosedur-prosedur semacam itu dianggap sebagai pendatang. Padahal tubuhnya bau tanah bumi pertiwi ini. Akan diapakan sebanyak itu orang yang tak bisa mengurus berbagai kepentingan untuk hidupnya hanya gara-gara keterbatasan pengetahuan. Itupun mungkin bukan kesalahan mereka yang tak mau tahu, tapi mereka tak pernah diberi tahu. Mereka masyarakat marginal yang terpinggir dari mengenyam pendidikan. Lalu ketika satu waktu segalanya harus mereka urus kenapa mesti banyak kesulitan yang didapatkan bukan kemudahan.
Zaman telah berubah memang, masyarakat memang diminta untuk proaktif terhadap perubahan. Namun itu semua menjadi dilematis jika pihak berwenang saja tidak ikut terjun ke lapangan, malah mempersulit segala urusan dengan alasan macam-macam padahal sebenarnya tak lain karena alasan beragam hitung-hitungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s