Mau Tahu Sulitnya Mencari Uang

Bagi sebagian orang mungkin beranggapan mencari uang itu gampang. Dengan berbagai cara yng dikemukakan begitu mudah rasanya; tinggal memutar otak dan yup uang mengalir!. Nyatanya tidak. Tidak semudah itu kawan! Itu hanya sebagi alat saja untuk berusaha sebab banyak sekali yang dilewati untuk itu. Bukankah mata kita telah menyaksikannya dan kitapun mungkin pernah merasakannya.
Maka terpikirkah oleh kita, bagaimana orang tua kita mencari uang untuk kebutuhan hidup, membiayai pendidikan dan permintaan-permintaan kita lainnya; baju yang mulai pudar, sepatu yang robek, tas yang mulai kelabu, handphone yang karatan. Semuanya begitu mudah kita meminta tanpa tercekat melihat beberapa pasang pakaian usang yag mereka kenakan dan keinginan-keinginan mereka yang terpasung karena harus mendahulukan permintaan kita. Ditambah lagi dengan sikap merajuk jika permintaan itu segera tak terpenuhi.
Kita? Bukan-bukan. Itu hanya aku seorang kawan. Tapi kemudian aku tersadar. Berawal dari sesuatu yang aku lakukan untuk memenuhi suatu kebutuhan. Namun yang kudapatkan tidaklah cukup dengan keperluan yang aku perlukan, walau hanya untuk satu kebutuhan saja. Ah, intinya bukan itu sebab itu jadi akan mengesankan sebuah ketidak ikhlasan teradap rezeki yang Allah berikan. Inti sebenarnya adalah apa yang aku rasakan, bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan. Dan yang terpenting dari itu semua adalah paradigma terhadap suatu pekerjaan (perbuatan). Bahwa ternyata menilai suatu pekerjaan bukan dari berapa banyak materil yang kita dapatkan-karena ukuran materil sering kali menimbulkan kekecewaan- tapi dari berapa banyak manfaat pekerjaaan yang kita lakukan tersebut untuk kehidupam dan itu semua tidak akan terukur oleh apapun. Itulah kenapa sampai sekarang orang tua kita masih bertahan dengan semua yang mereka jalani. Sebab ada manfaat yang mereka beri untuk kita hidup meski pada akhirnya tak satupun yang tersisa buat mereka……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s