Penjagaan Allah

Menyimak kisah orang-orang yang berada di dekat rasul; sahabat, para salafusshaleh, ulama terdahulu pasti akan kita temukan keistimewaan-keistimewaan yang mereka miliki. Tak ada satupun dari mereka yang mempunyai kisah yang tidak menggentarkan ruang jiwa. Mereka adalah cermin tempat kita berkaca, teladan ibrah dalam penghambaan, mestika ilmu, dan kebijaksanaan.
Mereka adalah generasi istimewa sepanjang zaman. Biografi mereka tidak terdapat corengan yang menghinakan karena kewara’an mereka menjaga menjalankan Islam dan ajarannya, karena itu pulalah Allah menjaganya. Mereka adalah generasi abadi, dimana nama mereka diabadikan secara alamiah bukan seperti nama-nama yang kita kenal dengan biografi manipulatif lagi kontradiktif. Nama-nama itu dikenang sebatas kepiawaian mereka mengabil celah untuk merebut simpati masa, akhirnya redup kemudian tenggelam bersama berakhirnya kekuasaan mereka.
Rekaman sejarah hidup generasi itu mejadi panutan bagi generasi sesudahnya, yang tiada putus jika kita terus merunut kebajikan-kebajikan yang telah mereka torehkan. Mereka adalah ahli ilmu yang tidak dimiliki manusia di zaman ini, ahli ibadah yang tidak pernah puas dengan amalnya. Adalah Syahdan bin Aus yang senantiasa gelisah di tempat tidurnya karena membayangkan akan neraka Nya, jika sudah begitu maka dia akan mengerjakan shalat hingga subuh menjelang. Hingga pernah seorang putri tetangganya bertanya kepada ayahnya “wahai ayah, kemana gerangan batang kayu yang tegak di atap rumah tuan Al-manshur tadi malam?” “tidak anakku, itu bukan batang kayu, itu adalah Al-Manshur yang sedang mengerjakan qiyamullail1 (Abdul Miqdad al Madany, kerinduan seorang mujahid)
Disinilah salah satu dari sekian banyak yang menunjukan kemurnian islam; adanya generasi panutan. Seandainya saja generasi ini tidak ada maka fungsi nabi sebagai pembawa risalah tentu akan samar kelihatannya sebab jejak-jejak ajaran tidak membekas pada orang-orang yang beserta dengannya. Maka semata-mata ini adalah penjagaan mereka terhadap ajaran Allah, dan juga penjagaan Allah terhadap mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s