Revitalisasi Pendidikan

Ada tiga kompenen yang harus ditumbuh kembangkan dalam proses pendidikan yaitu kognitif, afektif, psikomotor. Ketiga komponen ini diperkenalkan oleh Benjamin Bloom (1956): taxonomy of educational objectives. Dengan mengacu pada aspek-aspek ini diharapkan pendidikan dapat melahirkan generasi yang tidak hanya memiliki kapasitas intelektual yang baik tetapi juga memilki emosional yang stabil dan keterampilan yang mumpuni. Sehingga dalam rancangan pembelajaran tenaga pendidik dituntut untuk mencantumkan keseluruhan aspek ini dalam tujuan pembelajarannya.
Namun yang terjadi tidak semua tenaga pendidik menerapkan hal ini dalam kegiatan belajar mengajarnya, meskipun dalam penilaian dicantumkan. Tentunya di sini kita tidak sedang menyalahkan guru, sebab banyak faktor yang melatar belakangi keterbatasan guru dalam memenuhi semua tujuan pembelajaran tesebut, diantaranya adalah tuntutan atas ketuntasan materi yang sedemikian rupa hingga waktu lebih banyak dihabiskan untuk menyampaikan materi pembelajaran.
Keterbatasan ini dapat saja diatasi jika saja dalam proses belajar mengajar guru mau menanamkan nilai-nilai baik langsung maupun tidak langsung.. Apalagi didukung dengan model pembelajaran yang termaktub dalam kurikulum bahwa pembelajaran yang baik tidak lagi berpusat pada guru Tecaher Center tapi Student Center. Situasi ini bisa dimanfaatkan guru untuk mengaktifkan kompenen afektif dan psikomotor peserta didik misalnya dengan melakukan kegiatan kelompok, diskusi, megeluarkan pendapat, ataupun field research sederhana seperti membawa peserta didik paling tidak ke halaman sekolah ketika belajar IPA,dengan cara sederhana ini diharapkan peserta didik diharapkan dapat mengenali lingkungan sekitarnya.
-Pop Artikel Tak terselesaikan, Hahq-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s