Rekening Syukur

Banyak hal sebenarnya kadang tak bisa diungkapkan dengan kata lisan, atau dirasakan saja, terkadang dia juga harus dituliskan. Dengan menuliskannya kita diajak berpikir tentang apa saja yang mengaharuskan kita bersyukur , mengajak kita menghitung, merasakan, megaca diri bagaimana kalau hal-hal tersebut tak pernah kita dapatkan, apa rasanya jika hal tersebut hilang, dicabut atau dihalangi untuk kita menikmatinya, dan yang terpenting dari itu semua kitapun diajak membangun komunikasi, kedekatan dengan Nya lewat kata-kata syukur yang dengan segenap jiwa kita tulis. Itulah rekening syukur itu.

Saya berkenalan dengan rekening syukur itu beberapa tahun yang lalu, disampaikan oleh seorang psikolog, tapi therapist lebih tepatnya. Kata beliau rekening syukur itu lebih baik dilaksanakan 30 menit sebelum tidur dan dengan tulisan tegak bersambung, tapi kesemuanya tergantung pada kita saja. namun waktu itu meski ‘greget’ untuk melaksanakannya namun berlalu begitu saja, bahkan seorang saudara setahun kemudian mengajak saya untuk menukar rekening syukur yang masing-masing kami punya dalam 1 hari itu, meskipun telah sepakat untuk melakukannya tapi saya tak pernah mengirimnya maka saudara saya itupun tak lagi menukar rekening syukurnya untuk saya (Maafkanlah aku atas itu semua)

Lama berpikir akhirnya saya mendapati diri sebagai orang yang tak pandai bersyukur. Setelah itu ditambah dnegan pesan seorang teman yang mengingatkan saya agar saya mencari apa-apa yang harus saya syukuri dalam hari-hari saya apapun keadaannya, misalnya waktu lagi banyak masalah sekalipun tapi tetap cari hal-hal yang harus disyukuri. Kemudian saya berpikir, kenapa saya tak memulai membuka rekening, rekening syukur maksudnya. Yang dengannya saya belajar untuk bersyukur, dan mencoba memaknai hari-hari. Yup rekening syukur, meskipun sederhana tapi luar biasa.

Leave a Reply

