Fiksi yang Bertanggung Jawab

Karya fiksi, secara kasat mata merupakan karya yang lebih banyak digandrungi khalayak, apakah itu bentuknya cerpen, dongeng, novel dan lainnya. Hal ini mungkin dikarenakan dalam karya fiksi membuka ruang seluas-luasnya untuk menjangkaun pembaca melalaui garapan alur cerita yang sesuai dengan zamannya. Walaupun terkadang lebih sering berubah menjadi sesuatu yang picisan sifatnya.
Karya fiksi, kita ketahui lebih merupakan hasil bentukan imaji, walau tidak dipungkiri bahwa tetap karya itu harus logis bukan dari segi cerita, tapi lebih bertitik tolak pada peristiwanya. Misalnya ketika seorang mengetengahkan kata-kata seperti ini “dari tubuhnya mengucur darah” penyebab hal itu pastilah sesuatu yang sangat parah terjadinya, tak mungkin hanya karena terjatuh sedikit, lalu penulisnya membesar-besarkannya. Tentunya ini akan melemahkan cita rasa cerita yang tadinya berusaha dibangun.
Di lain hal, tentunya walau bentukan imaji tetapi tetap harus ada nilai, prinsip-prinsip yang harus dikedepankan dalam karya fiksi, ada tanggung jawab yang harus diemban. Hal ini tentu tak akan ditemui jika sang pengarang adalah orang yang jika kita ambil secara umum tidak humanis, estetis, dan moralis. Mustahil, sangat mustahil orang-orang ini akan mempertimbangkan kelayakan dikonsumsi publik atau tidak, menyampaikan nilai ataukah menjerumuskan.
Dalam beberapa karya fiksi misalnya dijunpai ‘keliaran’ deskripsi yang disampaikan pengarang. Detail mendeskripsi maaf ketidak senonohan, yang sebenarnya itulah yang dijual dalam karyanya, bukan isi cerita, meski berdalih ada nilai yang disampaikan. Dalih-dalih semacam itu dapat berbunyi seperti ini “ini fakta lho, realita yang sesungguhnya terjadi di sekitar kita”. Ya kalaupun fakta harusnya jangan sampai mengajarkan keburukan, dan membuat kerusakan. Fiksi fiksi tapi tetap harus bertanggung jawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s