Bad News is Good News

images (4)“Diantara pengkhianatan manusia yang terbesar adalah ketidak jujurannya pada hati nurani (filosof)”

Profesi jurnalis –pewarta- adalah profesi yang sangat mulia, menyampaikan informasi kepada khalayak. Informasi, pemberitahuan itu diolah ke dalam alam pikiran, berbuah pemahaman dan tindak atau perbuatan (reaksi). Informasi tersebut mencerdaskan, jadi kontrol sosial di masyarakat, merubah pola pikir, menciptakan style dan turut memengaruhi atmosfer kehidupan di masyarakat.

Begitu berpengaruhnya warta yang disampaikan para jurnalis sehingga pertanggung jawabannya pun sebenarnya tidaklah sedikit, sadar tak sadar. Pertanggung jawabannya ada pada apa yang disampaikannya. Tanggung jawab yang memang kalau dipikir-pikir, tak lepas engkau membuat berita, lalu setelah menyampaikannya, tanpa berpikir apa yang terjadi selanjutnya dengan berita itu.

Bad news is a good news! Prinsip yang ada dalam dunia jurnalistik itu memang benar, adanya berita-berita heboh, pasti membuat beritannya laku keras. Bad news asal jujur dan pada tempatnya itulah harusnya. Tapi bad news jika ditunggangi dengan kepentingan-kepentingan orang-perorangan, kelompok itulah yang membuat bad news bertambah-tambah, tak lagi hanya apa yang ada diberitakan. Malah mencari-cari apa-apa yang tidak ada hubungannya untuk dikait-kaitkan, lebih parah lagi jika membuat bad news untuk dijadikan komoditas tertentu.

Memang berat. Profesi jurnalis yang bergantung pada wadah media yang dikuasai orang-orang tertentu yang rawan akan kepentingan-kepentingan. Bekerja dengan taruhan keindependenan diri, yang harusnya sang jurnalis lebih dapat berpikir disana, mana yang harus lakukan mana yang tidak. Setidaknya jangan sengaja memlintir berita bohong. Jika tidak, akan jadi apa media kita?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s