Jajanan Sehat di Sekolah

20111006penyebab-jajananKarena sekolah mempunyai banyak siswa yang memungkinkan bagi para pedagang untuk menjual dagangannya, maka sekolah pun menjadi tempat yang baik bagi para pedagang untuk mencari hidup. Lihatlah di sekolah-sekolah yang banyak muridnya, ada berapa banyak kantin yang tersedia atau lihatlah di luar gerbang sekolah akan banyak para pedagang yang menanti siswa yang akan membeli dagangannya dengan warna-warna dan pernik yang mereka punya.

Para pedagang yang berjualan tentu menawarkan dan bermacam pula cara membuatnya. Ada yang  kadang benar-benar makanan yang layak dikonsumsi, kadang ada juga yang tidak seperti pemakaian ibu gula atau gula sintesis, pewarna yang tidak dipruntukan untuk makanan, makanan dan minuman instan yang tidak menyehatkan dan lain sebagainya. Keadaan ini mau tak mau membuat siswa yang mengkonsumsi makanan tersebut menjadi korban, batuk contohnya. Kalau di rumah dengan orang tua mereka mungkin tak diizinkan, tapi di sekolah ketika tidak ada yang mengawasi mereka, mereka mungkin akan membelinya.

Maka sudah saatnyalah sekolah memerhatikan hal ini, mungkin kelihatannya sepele tapi efeknya luar biasa. Di sekolah saya misalnya, menu jajanan utama adalah mie instan meski kadang ada yang lain juga. Tapi karena ia adalah menu  utama maka rata-rata warga sekolah mungkin mengkonsumsinya. Apalagi kalau hari-ke hari itu saja yang dikonsumsi, apa yang akan terjadi?

Memang tugas sekolah itu banyak, tapi tak ada salahnya juga untuk diperhatikan. Kita saja orang dewasa meskipun tau tapi tetap saja mengkonsumsinya karena ia ada di depan mata, apalagi mereka. Bukan bermaksud membatasi pedagang untuk berjualan tapi menyarankan untuk menjual jajanan yang lebih sehat dan melarang menjual makanan yang tidak sehat. Ada lo sekolah yang sudah melakukannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s