Sanksi Sosial

IMG1446APenolakan terhadap perbuatan yang tidak baik biasanya selalu ditunjukan masyarakat dengan berbagai cara. Ada yang dengan membeci saja, mencela atau ada juga yang reaktif seperti pengusiran dan tindakan kekerasan lainnya. Meskipun masyarakat tersebut belum tentu benar saja perbuatan yang dilakukannya atau barang kali suatu saat nanti mereka akan bertindak yang sam

Hal ini adalah lumrah dan harusnya kita bertanya jika hal yang seperti itu tidak ada lagi di masyarakat kita. kalau tidak ada itu artinya nilai-nilai di masyarakat kita sudah rapuh. Penolakan masyarakat terhadap  hal-hal yang tidak baik yang dinampakan dengan berbagai hal menandakan masih adanya nilai-nilai yang masih dipegang oleh masyarakat.

Sanksi social namanya, hukuman yang diberikan masyarakat terhadap suatu hal yang dilakukan seseorang. Seperti kasus Ratu Atut misalnya yang diberitakan sebuah koran (yang di shot di awal paragraf). Jika seseorang masih punya nurani maka jangankan hukuman, sanksi social saja sudah pasti membuat jera!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s