The Queen’s Classroom

downloadThe Queen Classroom. Film jepang satu ini menarik untuk ditonton. Film yang terdiri dari  11 episode ini bercerita tentang murid kelas 6 Sekolah Dasar yang melewati hari-harinya di bawah ‘kekejaman’ seorang guru.  Di saat pendidikan berbicara tentang kelembutan tapi film ini menghadirkan satu hal yang berbeda yaitu ketegasan dan kedisiplinan. Bahkan dalam dialog film antara Akutsu Maya sensei dan Tendo sensei ‘kamu bersikap lembut agar dibilang baik oleh siswa’, dan berikut dengan dialog-dialog lainnya. Namun guru itulah yang menjadi idola mereka akhirnya.

Yang saya suka dari film ini adalah pelajaran berharga bahwasanya idelaisme itu sangat penting,  ketegasan guru sangat mendidik, diikuti dengan perhatian yang tanpa disadari dan diketahui oleh murid-muridnya dan oleh siapapun. Bayangkan bagaimana seorang guru tahu semua detail tentang murid-muridnya, membina kepribadian dan mengatasi masalah mereka tanpa mereka sadar dan ketahui. Memang kita berpikir bagaimana seorang guru selalu muncul di hadapan siswa di saat siswanya ada masalah, setelah saya search di Google ketika mencari apa beda public school dan private school di Jepang maka kita akan tahu kalau SD di Jepang biasanya Public School yang terletak di setiap area, jadi sekolah tersebut dekat dengan rumah atau lingkungan siswa dan inilah mengapa logis sekali kalau Akutsu sensei bisa hadir seperti itu.

Lalu bagaimana seorang guru berusaha menemukan orang tua sang murid yang lama menghilang dan meninggalkan anaknya. Kejamkah sang guru, jika waktu-waktu istirahatnya di malam hari dikorbankan untuk mengawasi murid-muridnya yang masih berkeliaran di luar dan karena dia sadar bahwa dia sangat tegas makannya dia takut di luaran terjadi apa-apa pada muridnya. Tak bisa saya bercerita banyak, bagaimana kalau pembaca menonton filmnya saja J

2 thoughts on “The Queen’s Classroom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s