Ada Pin BB atau WA

Ada Pin BB atau WA?

             Teknologi begitu cepat berkembang, itulah barang kali yang membuat zaman berubah. Kenapa demikian? Kenapa bukan karena zaman yang berubah maka teknologi berkembang?  Tidak begitu, pada dasarnya teknologilah yang merubah zaman. Dulu sewaktu saya SMA, HP yang katanya jadul saat ini, hanya bisa sms dan nelpon adalah barang mewah yang dipunyai  beberapa teman di sekolah. Beberapa tahun kemudian baru aku bisa menikmatinya, saat kuliah. Tanpa membawa benda kecil itu ada yang kurang terasa, serasa ada orang yang nelpon atau sms yang penting saja. Padahal tidak nyatanya. Serasa ada informasi yang terlewatkan, ternyata juga tidak. Malah sering aku ketinggalan mata kuliah, dan pergi kemana-mana. Ketika belum punya itu sah-sah aja rasanya kalau kemana-mana.

               Lalu tak lama hadir HP kamera, yang awal mulanya juga beberapa gelintir orang yang punya, karena harganya yang mahal kali pertama beredar di pasaran, lalu hadir lagi IPOD dan banyak lagi entah apa  namanya, kemudian smart phone yang aku kagum dengan kehebatannya. Walaupun aku tak memungkiri banyak manfaatnya, tapi perlahan itu terasa merubah dunia kita. Aku salut bagaimana benda ajaib ini menghasilkan banyak uang bagi penggunanya yang mencari uang lewat dukungan fasilitas yang bisa apa saja, aku juga salut bagaimana ilmu-ilmu dapat di share dengannya, kabar-kabar terbaru yang terjadi di belahan bumi mana saja dapat diketahui dari genggaman tangan kita. Aku juga salut melihat bagaimana teman yang duduk disebelahku bisa melihat wajah teman ngobrolnya sambil ngakak di seberangsana. Aku salut bagai mana orang mendadak terkenal gara-garanya. Salut juga aku karena sambil tiduran bisa menggunakannya, gak perlu repot-repot ke Warnet dan mengeluarkan uang yang lumayan atau buka laptop yang loadingnya lama karena beratnya beban program yang asli palsunya. haha

              Tapi aku gak salut kalau penggunanya lupa menempatkan benda kesayangannya sesuai dengan  tempat dia berada dimana atau dalam situasi apa. Aku juga gak salut kalau penggunanya sibuk memeloti layar smartphonenya kalau lagi bicara dan enggak melihat lawan bicaranya. Aku juga gak salut kalau penggunanya lupa untuk berada di dunia nyata. Dan aku kadang prihatin kalau lagi jalan-jalan untuk refreshing eh malah juga sibuk dengan mainan pintar itu. Kapan lagi menikmati keindahan yang begitu nyata.  Kataku sih begitu, tapi kan gak tau kata orang bagaimana.. ya kan…

        Teknologi berkembang begitu pesat, ada yang tertinggal karena tak mampu mengejar kehebatannya ataupun karena alasan lainnya. Baru-baru ini tapi ini bukan yang pertama kali saja, hanya karena yang bertanya itu adalah teman dekat makanya aku cukup tergelitik  “Ada pin BB atau WA?” Lalu pernah juga saat membawa anak orang untuk suatu kegiatan aku menanyakan no HP nya “Gaka ada” begitu katanya, hanya ada pin BB lah dengan logat thewceunya. Hm..

Leave a Reply

