Kuliti dulu isinya

 

IMG_20171030_090633
Gambar text gram

# a reminder

Kita tak bisa dengan serta merta menilai orang lain. Sama sekali tidak. Pun, orang yang kita kenal dengannya bertahun-tahun pasti akan ada saja kejutan yang akan kita temukan darinya. Kita tidak bisa serta merta menilai orang lain, pun jika sebuah kenyataan terpampang di depan mata kita. Sebab apa? Sebab, kita tak pernah tahu apa yang sebenarnya, kita tak pernah tau di dalamnya. Yang kita lihat adalah kulit sedang isi memang harus kita kuliti dulu, agar kelihatan dalamnya.

Sama sepertiku yang heran perkara soal sepele mele. Soal jemuran tetangga baru. Herannya bukan apa-apa, kenapa kainnya dari pagi sampai paginya lagi masih tetap ada dibelakang, dari kering kena hujan, dari hujan sampai kering lagi… mau naikin tapi dibatasin tembok, hanya kasihan aja, capek-capek nyuci tapi basah lagi, tak kering…
Ah, barang kali mungkin sibuk atau apalah, gumamku sembari menutup pintu.

Tapi seketika, satu hal saja menjawab keherananku soal jemuran itu. Ketika orangnya menghampiriku di teras rumah. “Jarang nampak ya…” begitu katanya membuka percakapan, yang biasanya kami hanya sekedar saling menyapa atau pun saling melempar senyum ketika bersua sebab bertemunya itu selalu waktu akan pergi. Tapi kali ini lain, memang karena akunya sengaja duduk, mematut diri di teras rumah. Sesaat dia bercerita… Langsung teringat akan jemuran kain yang aku herankan itu. Bahwa banyak hal besar yang menyita perhatian nya, dibanding dengan perkara jemuran itu. Yaa Allah, pada hal-hal kecil saja tak bisa kita menilai, apatah lagi pada hal-hal lain. Karenanya, jangan menyimpulkan apa yang dilihat, pun meski nyata adanya. Jangan “menyimpulkan” selain itu tak penting bagi kita, juga tak penting buat orang lain.

Advertisements

16 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s