Tontonan dan musik

Tontonan dan musik

images (14)
sumber gambar google

Bismillah. Tontonan dan musik adalah bagian yang tak terlepaskan dalam kehidupan manusia. Hingar bingarnya yang memekakkan telinga dan memusingkan kepala, yang sedihnya menyayat-nyayat luka. Banyak yang gandrung dengannya, tak terkecuali saya. Sampai akhirnya saya benar-benar memahami keharamannya. Tahunya sudah lama, ada e-book nya yang membahas tuntas. Tapi, waktu itu saya masih memegang prinsip kan ada yang digunakan untuk menyampaikan kebaikan. Tapi, dengan izin Allah, saya akhirnya dapat memahami lewat nasehat-nasehat para da’i yang dengan kafaah ilmunya menyampaikan kebenaran ini. Landasannya tegas, terang benderang, silahkan​ Googling dan lihat di youtube penjelasan panjang lebarnya. Lalu mengapa masih ngeles saja? Kalaupun belum terbuka hati, jangan mendalih dengan apa yang ada dalam akal dan nafsu kita. Kalau belum terbuka hati, jangan melawannya (menolak mentah-mentah). Berdoalah semoga Allah memahamkan kebenaran, dan menunjukan hati kita.

Berat memang, sebab mau nonton berita, film kartun, petualangan, dan berbagai macam hal yang digemari jadi terbatasi, bahkan tak bisa sama sekali, sebab teringat ada musik di dalamnya, sekalipun programnya bagus, tapi musiknya gimana, iklannya gimana, aurat orang yang nampak gimana? Berat memang… Tapi satu nasehat dari ustadz yang saya coba pahami “jangan takut meninggalkan sesuatu yang haram” sebab dalam sebuah hadits dikatakan “barang siapa yang meninggalkan sesuatu karena Allah, Allah akan memberikan sesuatu yang lebih baik darinya”. (HR. Ahmad)

Lalu apa tidak merasa katrok, ketinggalan… Kenapa harus merasa begitu dan menakut-nakuti diri dengan hal itu. Tidak apalah menjadi katrok dalam masalah dunia ini, asal tidak dalam masalah agama kita. Lagian apa manfaatnya jika kita mengetahui berbagai informasi yang kadang tidaklah begitu penting, kalau si ini dan si itu bertengkar, kalau si ini dan si itu pergi ke sini dan ke sana. Kenapa harus memasukkan informasi-informasi yang tidak penting kedalam file otak kita, sedang informasi yang penting (ilmu, pelajaran) susah masuknya. Toh, orang yang selalu punya banyak informasi tidak lantas menjadi cerdas karenanya kan…, ada malah yang tertipu karena informasi yang keliru, ada juga yang saking seru-seru membahas informasi hingga kegiatan utama menjadi nomor dua. Lagian informasi dapat juga kita peroleh dari media yang lain, ada banyak media, bermacam ragam, dan kita juga bisa dengar dari orang-orang lainnya.

Apa tidak merasa bosan karena tidak ada hiburan? Ada bosannya memang, kalau waktu luang cukup lama, seperti saat liburan panjang, tidak tau mau ngapain, malas dan kawan-kawannya. Kalau nonton, kalau ada acara yang seru kan asyik, tapi ya seperti tadi…Ada banyak kegiatan yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya, seperti mengerjakan hobi, (bukankah ini juga hiburan) menyapu dan mengepel rumah, atau ngecat apalah, yang kegiatan nyapu, ngepel, ngecat seperti ini terasa membuat suntuk jadi lega, menurut pendapat saya pribadi sih, mungkin karena melakukannya dengan pola yang searah, dan butuh ketenangan. Ada banyak yang bisa kita lakukan, belajar juga bisa, kalau memang tak bisa apa-apa lagi maka tidur adalah pilihan terbaiknya, karena biasanya setelah tidur pikiran seperti lega. Oh ya ada satu doa yang diajarkan saat kita mengalami kesumpekkan, suntuk, malas seperti ini.

download

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s