Jenaka

 

IMG_20180103_114213
sumber gambar google

Ada orang yang dikaruniai Allah rasa humor yang lebih dari orang-orang lainnya. Sehingga pembawaan kesehariannya jenaka, lucu, penuh kejutan. Berada di tengah-tengah orang seperti ini siap-siap saja akan digelitik dengan kata-kata humor nan menghibur.

Orang-orang ini, humoris. Namun mereka yang benar-benar humoris adalah mereka yang tak pernah kehilangan kejujuran dalam humor-humornya. Ada orang yang suka bercanda, tapi dusta semua. Hingga, sehari-hari kita nyaris tak bisa membedakan apakah benar atau tidak yang dikatakannya. Pada candaan-candaan seperti ini tentunya tidak diperkenankan, karena Islam telah melarangnya.

Orang yang benar benar humoris sebetulnya tak pernah kehilangan makna pada canda-candanya. Juga tak membuat orang kehilangan rasa hormatnya karena tipikalnya yang humoris begitu. Mereka adalah pembaca situasi yang amat peka, hingga tau bagai mana harusnya becanda, dan kapan waktunya.

Namun terkadang, mereka juga sering disalah artikan dunia, bahwa mereka adalah orang-orang yang hidup tanpa beban, tanpa duka, dan tanpa masalah. Bahwa keriangan-keriangan sering kali menutup banyak hal dari diri seseorang, dan disalah mengerti-i. Bahwa canda-canda sebetulnya tak menutupi sisi manusiawi dari manusia itu sendiri. Mereka hanyalah orang yang memilih jalan hidup penuh warna, dan ringan, seperti halnya juga orang yang memilih jalan ‘lengang’ (ini insya Allah ada tulisan sendiri).

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s